Presentasi Materi Ejaan Yang Disempurnakan

Pada dasarnya gagasan yang dituliskan manusia terdiri dari huruf-huruf. Huruf merupakan lambang yang dipakai untuk mewujudkan bunyi ujaran yang membedakan arti. Seluruh peraturan mengenai cara untuk menggambarkan lambang bunyi ujaran dalm bahasa merupakan suatu masalah yang dibicarakan dalam ejaan. Ejaan adalah cara pelafalan dan penulisan huruf, kata, unsure serapan dan tanda baca.
Ejaan fonemik digunakan dalam bahasa Indonesia di mana hanya satu bunyi yang berfungsi yang dilambangkan dengan satu tanda (huruf). Jumlah kesuluruhan huruf sesuai Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan adalah 26 buah.

Pada kenyataannya masih bnyak kekurangan pada ejaan fonemik. Hal ini dapat dilihat pada satu bunyi dengan  lambang yang terdiri dari 2 tanda (huruf), seperti /ng/, /ny/, /kh/, dan /sy/. Sebaliknya ada dua bunyi yang dilambangkan dengan satu tanda saja seperti /e/ taling dan /e/ pepet. Dengan kekurangan ini, penyusunan ejaan bahasa Indonesia menjadi terhambat. 

             Kali ini saya akan membagikan presentasi tentang ejaan bahasa indonesia yaitu ejaan yang disempurnakan. Penampakan Powerpoint atau ppt saya tentang ejaan yang disempurnakan kurang lebih seperti ini:


Anda bisa mengambil file ini file google drive saya. Caranya klik disini