Contoh Ruang Lingkup Hukum II dan III Newton

Ada saatnya di perkuliahan tinggi teman-teman akan masuk ke laboratorium untuk melaksanakan praktikum. Anda akan dituntut untuk mengerjakan suatu eksperimen atau percobaan dengan langkah kerja yang sistematis dan ilmiah. Hampir setiap jurusan memiliki praktikumnya sendiri. Apakah itu dari jurusan kedokteran, informatika, mesin, elektro, terlebih lagi jurusan yang berada di bawah naungan fakultas MIPA, seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Setiap selesai melakukan praktikum mahasiswa akan diperintahkan untuk membuat laporan dengan format tertentu. Salah satu bagian dari laporan tersebut adalah pendahuluan, yang membawahi Latar belakang, tujuan, dan ruang lingkup. Disini saya akan memberika contoh ruang lingkup hukum 2 dan 3 newton tentang gerak.

Ruang lingkup eksperimen atau penelitian sendiri bisa diartikan sebagai suatu batasan yang dilakukan selama percobaan. Apakah itu dari segi teori maupun dari lingkungan penelitian.

Contoh ruang lingkup penelitian:

"Dalam bahasan Hukum III Newton, terdapat beberapa elemen yang berpengaruh. Antara lain gaya, massa, percepatan, gaya gesek, gaya normal, dan percepatan gravitasi bumi. Gaya disimbolkan F, memiliki satuan Newton (N). Massa disimbolkan m, memiliki satuan Kilogram (kg). Percepatan disimbolkan a, memiliki satuan m/s2. Gaya gesek terbagi menjadi dua yaitu gaya gesek statis yang bersimbol fs dan gaya gesek kinetika yang bersimbol fk, keduanya memiliki satuan Newton N. Gaya normal adalah gaya yang bekerja pada benda yang bersentuhan. Gaya normal memiliki simbol (N) dan satuan Newton (N). Percepatan gravitasi bumi memiliki simbol g dengan satuan m/s2. Percepatan gravitasi bumi didefinisikan memiliki nilai 9,80665 m/s2 tapi untuk lebih mudahnya biasa digunakan nilai 9,81 m/s2 atau 10 m/s2.

Untuk memastika ndan memverifikasi beberapa elemen di atas, maka dilakukan suatu praktikum mengenai hukum fisika yaitu hukum II dan III newton. Praktikum bertempat di laboratorium fisika dasar Fakultas Teknik Gowa Universitas Hasanuddin."

Nah, kira-kira seperti itulah yang dimaksud dengan ruang lingkup dalam eksperimen.